Rabu, 08 Juli 2020

Ini Dia 3 Cara Mendapatkan Ide untuk Menulis Fiksi & Non-Fiksi

Halo, Sahabat Rumah Baca Tulis!
Semoga sahabat semua dalam keadaan sehat dan baik-baik saja, ya. 


Kali ini saya akan berbagi artikel literasi untuk kamu yang hobi menulis, ingin menjadi penulis, atau sekadar ingin membuat tulisan. Terkadang kita bingung ya, saya ingin menulis nih. Sudah duduk di depan laptop, tapi cuma bengong aja nggak tau apa yang mau ditulis. Hehe ...

Dalam kegiatan tulis-menulis, tentu saja kita memerlukan sebuah ide. Ide ini yang nantinya akan kita kembangkan menjadi satu tulisan yang utuh, baik itu berupa tulisan cerita fiksi maupun non-fiksi.

Nah, di sini ada beberapa cara yang bisa menjadi sumber ide teman-teman untuk menulis loh. Apa saja itu? Yuk, simak!

1. Pengalaman

Ide bisa saja berasal dari pengalaman yang kita alami maupun pengalaman orang lain. Coba kamu ingat pengalamanmu saat kecil, misalnya. Itu bisa menjadi sumber ide untuk menulis. Cara lainnya adalah dengan mengobrol. Mendengarkan cerita pengalaman dari orang lain atau mendengar curhatan teman dapat memberimu ide dalam memulai tulisan.

2. Membaca

Tidak bisa dipungkiri bahwa membaca adalah sumber ide yang besar bagi penulis. Penulis ya harus banyak membaca. Dengan begitu pengetahuan dan wawasannya akan luas. Sehingga tulisannya pun akan lebih bermakna. Semakin banyak membaca, semakin banyak pula yang bisa kamu tulis. Karena membaca dapat menambah daftar referensi dan memberimu ide baru yang segar.

3. Imajinasi

Bebaskan idemu dengan berimajinasi. Kata lainnya adalah, bayangin aja dulu .... Hehe. Berimajinasi juga merupakan salah satu cara mendapatkan ide untuk menulis. Apalagi untuk jenis tulisan fiksi. Coba bayangkan misalnya keadaan bumi pada seratus tahun ke depan. Ada kejadian apa di sana. Siapa saja yang terlibat. Kamu bisa menjelajah ruang dan waktu dengan imajinasimu. Tapi ingat agar tetap memperhatikan unsur kelogisan atau kenyambungan cerita. Sip.

Itu dia 3 cara yang bisa menjadi sumber ide untuk menulis. Jika teman-teman ada pertanyaan atau ingin menambahkan silakan tulis pada kolom komentar di bawah ya. Jangan lupa follow @mursyidan_baldan dan @mursyidanwriter Terima kasih.

Sampai jumpa!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar